Aktivitas Kadin Kudus Diharapkan Dukung Pertumbuhan Investasi, Dunia Usaha dan UMKM

Aktivitas Kadin Kudus Diharapkan Dukung Pertumbuhan Investasi, Dunia Usaha dan UMKM

07 Apr 2021
Bisnis

Gayakumedia.com – Beberapa pengusaha di Kudus, menaruh harapan besar terhadap jajaran pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kudus yang akan segera berganti melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kadin Kabupaten Kudus untuk memilih kepengurusan periode 2021 - 2026 mendatang.

“Sejak dulu saya berharap, Kadin Kabupaten Kudus dapat memberikan lebih sesuai peran dan fungsinya sebagai organisasi, yang mewadahi para pengusaha dan sejumlah organisasi profesi yang membidangi dunia usaha, baik perdagangan maupun industri,” kata Bambang Bambang Sumadiyono, ketua APINDO Kudus, Selasa (09/04/2021). 

Menurut Bambang banyak hal yang bisa dilakukan dan harus diperankan Kadin Kudus dalam setiap sisi laju perekonomian warga Kudus, selaras dengan kebijakan yang dimiliki pemerintah Kabupaten Kudus saat ini.

“Misalnya menyangkut masalah perizinan, peluang investasi, membuka dan memperluas jaringan kerja sama yang dapat menguntungkan Kabupaten Kudus dari sisi perkembangan ekonomi, sehingga iklim usaha menjadi bergairah,” ungkapnya.

Bambang menyampaikan, sudah bukan zamannya lagi Kadin Kudus mengurusi masalah proyek-proyek yang ada di Pemkab Kudus. Lebih dari itu, yakni menciptakan iklim investasi serta memberi ruang dunia usaha di Kudus agar tumbuh dan berkembang.

“Trendnya harus terus naik. Dan Kadin harus melakukan treatment semua itu, mulai dari sisi regulasi hingga tataran teknisnya,” katanya.

Senada dengan Bambang, Hj Yantie, pengusaha yang juga penggerak UMKM Kudus melalui organisasi PUSAKA. Dia menilai, ada kecenderungan pijakan Kadin yang belum sepenuhnya on the track, sehingga kurang memiliki dampak dalam iklim usaha di Kudus.

“Ini bahan koreksi bersama untuk Kadin Kudus mendatang, agar lebih fokus dan memperhatikan sisi-sisi yang lebih besar, ketimbang sekadar mengurusi hal-hal kecil,” ungkapnya.

Hj Yantie mengutarakan, ruang bermain Kadin sesungguhnya sangat luas  dan bisa masuk di berbagai sektor industri dari hulu sampai ke hilir jika mau memanfaatkannya.

“Banyak yang dapat dilakukan Kadin, yang akan memberi pengaruh serta dampak besar pada dunia usaha dan iklim investasi, salah satunya membantu pelaku UMKM tetap eksis,” tuturnya. (zaim/ros)