Antisipasi Demam Berdarah dengan PSN

Antisipasi Demam Berdarah dengan PSN

25 Feb 2022
Tips & Trick

Gayakumedia.com – Belakangan ini, masyarakat perlu memahami pentingnya mengantisipasi demam berdarah. Untuk itu, masyarakat perlu tahu, di mana saja nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak.

Berdasarkan brosur sosialisasi untuk mewaspadai demam berdarah yang dikeluarkan oleh Puskesmas Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus dijelaskan, bahwa nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak di tempat – tempat penampungan air bersih.

Tempat – tempat perkembangbiakan nyamuk nyamuk Aedes Aegypti antara lain di bak mandi, tempayan, vas bunga (pot tanaman), kaleng bekas, ban bekas, botol, talang air yang rusak dan saluran air hujan yang tidak lancar.

Untuk mengantisipasinya, diimbau untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Yakni, bila ada jentik air di penampungan air di dalam dan di sekitar rumah, maka segera dibuang atau dikuras.

Selanjutnya, menguras tempat – tempat penampungan air seperti bak mandi, tempayan, ember dan vas bunga sepekan sekali, serta menutup rapat semua tempat penampungan air seperti gentong air (tempayan) dan tanki air.

Selain itu, yakni mengubur barang – barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan, seperti kaleng bekas, botol, plastik, dan tempurung kelapa. (ros/ zaim)