Batik yang Semakin Mendunia

Batik yang Semakin Mendunia

29 Sep 2021
Opini

Gayakumedia.com – Tidak lama lagi, tepatnya pada 2 Oktober nanti, kembali kita akan memeringati Hari Batik Nasional. Ini tentu sebuah momentum yang sangat penting dan bermakna, khususnya bagi bangsa Indonesia.

Batik, sebagai salah satu produk khas asli Indonesia, kini juga bukan lagi produk yang hanya dikenal di dalam negeri saja. Pasalnya, pada 2009 di Prancis, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui organisasi yang membidangi tentang kebudayaan, UNESCO, mengakui batik sebagai salah satu warisan dunia.

Di Indonesia, batik kini produksinya juga sudah tidak lagi didominasi oleh daerah-daerah seperti Solo, Yogyakarta, maupun Pekalongan. Namun hampir di berbagai daerah, kini memiliki produk khas.

Beragam motif batik kini banyak diproduksi seperti Batik Kudus, Batik Blora, Batik Barangan (Pati), hingga Papua juga memiliki batik. Batik khas Papua salah satunya batik motif burung Cenderawasih.

Belum lama ini, Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua, Apolo Safanpo, menjadikan batik khas Papua itu sebagai cinderamata yang diberikan kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat bersilaturahmi kepada orang nomor satu di Jateng itu.

Jika batik diproduksi di berbagai kota (daerah), maka itu artinya, sektor ini memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan dari waktu ke waktu. Terlebih, batik sendiri kini tidak lagi identik untuk busana kalangan orang – orang tua, tetapi anak – anak muda saat ini juga banyak yang gemar mengenakan batik.

Belum lagi, banyak institusi yang dalam sepekan, mewajibkan staf (karyawan) untuk mengenakan batik. Tentu saja, itu akan semakin berdampak positif dalam pembumian batik di Nusantara, bahkan tak menutup kemungkinan di dunia. (redaksi)