Dema IAIN Kudus Gelar Diskusi untuk Tingkatkan Kesadaran Moderasi

Dema IAIN Kudus Gelar Diskusi untuk Tingkatkan Kesadaran Moderasi

04 Apr 2021
Berita

Gayakumedia.com – Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN Kudus menyelenggarakan “Diskusi Agama–agama Manusia”, sebagai upaya meningkatkan kesadaran moderasi dan memperkuat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia, Kamis (1/4/2021) lalu.

Beberapa tokoh yang didaulat menjadi narasumber dalam kesempatan itu, yaitu Drs H M Asyrofi Mashito (Ketua PCNU Kudus), Dr H Ihsan MAg (Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kudus yang juga Wakil Rektor III IAIN Kudus), Pandita Suparno Bodhicakra (tokoh Budha) dan Muhammad Autad An-Nasher (Jaringan Gusdurian Indonesia).

Presiden Mahasiswa IAIN Kudus, Khoirul Anas, dalam sambutan pembuka diskusi tersebut, mengutarakan, bahwa kegiatan ini digelar sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan kesadaran moderasi di kalangan masyarakat.

“Pada kesempatan ini kami tegaskan pula, bahwa informasu hoaks dan gerakan radikal – ontoleran harus dilawan, karena dapat memecah belah persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Dr H Ihsan, salah satu narasumber, menuturkan, bahwa Negara mengakui agama-agama antara lain Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Budha dan Khonghucu. Kebhinnekaan umat dalam beragama, merupakan kenyataan yang memiliki legalitas,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa jika sulit mencari alasan untuk menghormati pemeluk agama lain, maka alasan yang bisa diajukan adalah bahwa umat beragama lain itu juga sama-sama ciptaan Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. “Alasan itu sudah cukup,” tegasnya. (rls/ ros, zaim)