Diresmikan Wapres, Fasilitas Riset Pangan BRIN

Diresmikan Wapres, Fasilitas Riset Pangan BRIN

05 May 2022
Berita

Gayakumedia.com - Indonesia sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga memiliki potensi besar sebagai pasar ekonomi syariah dan produsen produk halal di dunia.

Melihat potensi itu, pemerintah menyanangkan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024. Untuk mendukung hal itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki setidaknya tiga fasilitas untuk riset deteksi produk halal. Salah satunya fasilitas riset pangan di Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan (PRTPP) di Playen, Gunung Kidul.

PRTPP di Playen, Gunung Kidul merupakan laboratorium yang diproyeksikan menjadi rujukan riset halal Indonesia, ini telah diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), H Ma’ruf Amin, belum lama ini.

Menurut Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, pihaknya telah mengembangkan infrastruktur riset, untuk mendukung riset dan inovasi produk halal. Hingga kini, BRIN telah menyediakan tiga laboratorium yang dilengkapi dengan instrumen penelitian canggih, guna mendukung riset pangan halal di Indonesia. “Ketiga laboratorium itu berada di Cibinong, Serpong, serta Playen-Gunungkidul,” katanya.

Handoko menambahkan, BRIN juga terus memperkuat kapasitas SDM periset di tanah air. Sebab, dalam pandangannya, kolaborasi antara periset BRIN dengan berbagai pemangku kepentingan ekonomi Syariah menjadi keniscayaan. Maka pihaknya menyanangkan kolaborasi riset dan inovasi produk halal Indonesia.

“Kolaborasi ini melibatkan BRIN, BPJKPH, KNEKS, BPOM, perguruan tinggi dalam hal ini Pusat Kajian Sains Halal IPB dan Institute for Halal Industry and System (IHIS) UGM, serta pihak-pihak lainnya,” lanjutnya dikutip Gayakumedia.com dari www.brin.go.id.

Kepala PRTPP, Satriyo Krido Wahono, mengemukakan, fasilitas riset pangan itu merupakan bagian dari open platform laboratory yang disediakan BRIN, khususnya terkait riset pangan dan halal.

“Laboratorium ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat melalui berbagai skema. Fasilitas ini memuat instrumen analisis dan beberapa peralatan produksi skala kecil, yang dapat berfungsi sebagai fasilitas factory sharing bagi pegiat usaha start up dan UMKM,” paparnya. (ros/ zaim)