Fransisca Angelia Cinta, Hobi Gambar Sejak Kecil dan Kerap Menjuarai Lomba Mural

Fransisca Angelia Cinta, Hobi Gambar Sejak Kecil dan Kerap Menjuarai Lomba Mural

30 Oct 2021
Inspirasi

Gayakumedia.com - Fransisca Angelia Cinta (14), adalah seniman mural (pemural) cilik asal Surakarta. Dan pada Sabtu (30/10/2021) ini, dia memiliki pengalaman yang tentu sangat berkesan tak takkan terlupakan.

Betapa tidak. Pemural cilik yang kini masih berstatus sebagai peserta didik di SMPN 24 Surakarta itu, berkesempatan menggambar mural dalam Bhayangkara Mural Festival 2021 di halaman Markas Polda Jateng disaksikan Gubernur Ganjar Pranowo.

Kendati sudah piawai, namun membuat mural disaksikan sang gubernur Jateng, ternyata Fransisca Angelia Cinta grogi juga. "Grogi (dilihat Ganjar Pranowo),” katanya yang mengaku mengidolakan Ganjar Pranowo karena dinilainya baik dan ramah.

Dalam Bhayangkara Mural Festival 2021 itu, Ganjar mendatangi satu persatu pemural. Begitu sampai di tempat Angelia, ia sempat terkejut karena ternyata pemuralnya masih berusia 14 tahun. Pemural cilik itu pun menjelaskan konsep mural yang digambarnya dia atas tripleks.

"Ini saya kasih tema 'Bersama Menjaga Indonesia'. Berhubung yang mengadakan Polri, maka Polri saya jadikan tokoh utama sama medis. Bareng-bareng jaga Indonesia. Itu saya bikin polisi bantu tenaga medis menyemprotkan disinfektan, terus ada tenaga medisnya bantuin masyarakat," katanya. "Ini ide saya sendiri setelah revisi sket berkali-kali," lanjutnya.

Angelia mengaku sering menggambar mural di sekolahnya. Lalu mengikuti berbagai perlombaan mural di berbagai daerah, dan kerap meraih juara. Kepiawaiannya membuat mural sendiri, tidak sertamerta, karena ia sudah hobi menggambar dan terus mendalaminya sejak TK.

"Otodidak, langsung senang saja, hobi dari hati. Biasanya gambar anime Jepang kalau di kanvas. Kalau di tembok atau triplek, pilih yang simpel,” tuturnya yang bercita-cita meneruskan studi di SMK jurusan seni. (ros/ zaim)