Guru PAI Dituntut Kuasai Konsep 4C

Guru PAI Dituntut Kuasai Konsep 4C

10 Apr 2021
Pendidikan

Gayakumedia.com - Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut mampu memahami konsep 4C di era industri 4.0, yaitu critical thingking, creatif dan innovatif, communication, serta collaboration

Demikian disampaikan Kasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kemenag Kabupaten Demak, Azhar Wibowo, saat membuka workshop peningkatan kompetensi GPAI angkatan ke-4 dengan tema Lesson Plan (Lengkap) yang berlangsung di Aula SMP Negeri 3 Demak. “Guru PAI harus memahami konsep 4C di era industri 4.0," tegasnya. 

Konsep itu, jelasnya, melatih peseta didik beripikir kritis, kreatif dan inovatif, komunikatif serta kolaboratif sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di era milenial ini. 

"Maka guru PAI jangan sampai ketinggalan dengan muridnya, meskipun gurunya lahir di era kolonial sementara muridnya lahir di era milenial," paparnya dalam workshop yang juga dihadiri pengawas PAI Demak Endah Sulistyowati S.Ag M.Pd.I dan pembina MGMP PAI SMP Demak, Mushonef S.Ag M.Pd.I. 

Mushonef pada kesempatan itu mengulas wacana mengenai pendidikan berdeferensiasi. “Pembelajaran berdiferensiasi yaitu usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas, untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Namun demikian, ini bukan berarti guru harus mengajar dengan 32 cara yang berbeda untuk mengajar 32 orang murid,” ungkapnya.

Sementara Endah Sulistiyowati yang didaulat sebagai pemateri, membuka forum dengan permainan menarik yang membuat guru-guru PAI semangat dan penuh canda tawa. Suasana santai dan rileks tersebut membangkitkan minat peserta workshop dalam mengikuti materi Lesson Plan.

Ia juga mengupas tuntas tentang substansi RPP. Menerangkan secara detil tahap demi tahap penyusunan perangkat pembelajaran, mulai dari kaldik, pekan efektif, prota, promes, KKM, silabus dan RPP K-13 sesuai Permen 22/2016 dan Surat edaran No 14/2019. (*/ her, ros, zaim)