Hatsindo Indonesia Teknik, Lembaga Uji Kompetensi sesuai SKKNI

Hatsindo Indonesia Teknik, Lembaga Uji Kompetensi sesuai SKKNI

06 Apr 2021
Berita

Gayakumedia.com – Di dunia teknik konstruksi tanah air, Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (Hatsindo) bukanlah organisasi yang asing. Hatsindo adalah asosiasi profesi di bidang jasa konstruksi, yang telah berdiri sejak 2009 silam. Hatsindo sendiri telah terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 1410/KPTS/M/2020.

Beralamat di Gedung Perkantoran Ciganjur Express, Jl M Kahfi 1 No 90 A, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Hatsindo memberikan layanan meliputi Sertifikasi SKA, Sertifikasi SKT, Pelatihan dan juga Konsultasi terkait bidang garapannya, dengan pelayanan terbaik dan profesional.

Merespons perkembangan, Hatsindo pun akan meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), yang bernama LSP Hatsindo Indonesia Teknik. LSP ini akan diluncurkan secara resmi pada 9 April mendatang. Hadirnya LSP Hatsindo Indonesia Teknik ini, sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam perkembangan konstruksi di Indonesia.

“Tugas dan fungsi utama LSP Hatsindo Indonesia Teknik, yaitu melaksanakan aktivitas sertifikasi dan uji kompetensi terhadap tenaga kerja di bidang konstruksi, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai serta sumber daya manusia (personel) yang berkompeten,” terang Sekjen Hatsindo, Firdaus Ardiansyah Purnomo. 

Dia menjelaskan, berlandaskan Undang-Undang (UU) Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, LSP Hatsindo Indonesia Teknik dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya sesuai peraturan-peraturan serta pedoman-pedoman yang berlaku dibidang jasa konstruksi.

“Sedang produk yang dikeluarkan LSP Hatsindo Indonesia Teknik, yaitu Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK), yang merupakan alat bukti kompetensi yang didapatkan melalui proses sertifikasi dan uji kompetensi secara sistematis dan obyektif, melalui uji kompetensi sesuai Standard Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI),” jelasnya.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi LSP Hatsindo Indonesia Teknik terkait proses sertifikasi dan uji kompetensi, lanjutnya, LSP Hatsindo Indonesia Teknik menjalin kerja sama dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari berbagai pihak di Indonesia, yang diperkuat dengan Memorandum of Understanding (MoU) dengan para pihak terkait TUK. Tahap awal kerja sama, yakni melakukan penandatanganan MoU dengan Politeknik Negeri Jakarta.

Firdaus Ardiansyah Purnomo yang juga pengarah LSP Hatsindo Indonesia Teknik, menyampaikan, LSP Hatsindo Indonesia Teknik akan terus mengembangkan sarana dan prasarana, dalam memelihara dan meningkatkan tata kelola manajemen dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja. Untuk itu, dibangun sistem sertifikasi berbasis teknologi informasi dan berbagai pengembangan lain.

“LSP Hatsindo Indonesia Teknik menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, dengan mengintegrasikan Sistem Informasi yang ada di LSP Hatsindo Indonesia Teknik dengan data kependudukan pada Sistem Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, untuk menjaga kredibilitas, kualitas dan kebenaran data informasi yang digunakan dalam proses sertifikasi,” tuturnya. (ros/ zaim)