Ini Dua Hal Penting Terkait Kepuasan Pelanggan

Ini Dua Hal Penting Terkait Kepuasan Pelanggan

06 Apr 2021
Tips & Trick

Gayakumedia.com – Dalam dunia bisnis, baik itu terkait produk maupun jasa, kepuasan pelanggan (customer) menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan.

“Kepuasan! Satu kata yang sampai hari ini merupakan inti dari keseluruhan strategi pemasaran. Kata ini ibarat mempunyai magic yang sanggup menggerakkan dan memobilisasi sumber-sumber yang dimiliki perusahaan,” tegas Hendi Irawan D dalam “10 Prinsip Kepuasan Pelanggan”.

Handi Irawan D menyampaikan, bahwa pada dasarnya ada dua hal fundamental yang harus disadari setiap perusahaan dalam memformulasikan kepuasan pelanggan. Pertama, strategi kepuasan pelanggan haruslah mulai dengan harapan pelanggan.

“Secara sederhana, kepuasan akan terjadi kalau perusahaan mampu menyediakan produk, pelayanan, harga dan aspek lain sesuai dengan harapan atau bahkan melebihi harapan pelanggan,” jelas penggagas Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) ini.

Kedua, dimulai dengan memilih pelanggan yang benar. Maka tidak mengherankan jika perusahaan sudah mati-matian melakukan perbaikan produk atau pelayanan. Ternyata problemnya adalah pemilihan pelanggan yang tidak pas. “Tidak pas karena salah dalam strategi segmentasi dan targeting,” katanya.

Maka Handi Irawan D yang juga penggagas Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap 4 September setelah dicanangkan pemerintah pada 2003 lalu, menyampaikan, bahwa strategi kepuasan pelanggan pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari strategi segmentasi.

“Bukan produk atau pelayanan yang (harus) diperbaiki, tetapi pekerjaan pertama adalah pemilihan pelanggan. Ini yang (harus) diperbaiki lebih dahulu,” terangnya. (ros/ zaim)