Islam dan Pentingnya Tradisi Menulis

Islam dan Pentingnya Tradisi Menulis

30 Oct 2021
Kalam

Gayakumedia.com – Dalam dunia akademik – intelektual, kemampuan menulis yang baik sangatlah penting. Sebab, dengan kemampuan menulis yang baik itulah, maka kesinambungan dan kemajuan sebuah ilmu (pengetahuan) yang berdampak pada majunya sebuah peradaban mewujud.

Seberapa penting Islam melihat pentingnya aktivitas kepenulisan?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Thabarani dan Hakim dari Ibnu ‘Amr, Rasulullah menegaskan: “Kalian semua hendaknya lah mengikat ilmu dengan tulisan”.

Hadis tersebut di atas, sangat jelas menegaskan pentingnya aktivitas kepenulisan bagi dunia intelektual (keilmuan). Bahwa supaya ilmu itu bisa “terpatri” dalam sanubari, maka menulis pemngetahuan menjadi sebuah keniscayaan.

Kenapa menulis itu penting? Bisa dipahami, bahwa kemampuan seseorang menyerap ilmu dan informasi, tentu sangat terbatas. Maka jika seseorang menulis apa yang dipelajari dan dipahaminya, ketika suatu saat lupa, bisa membuka kembali catatan (tulisannya).

Kini, di era perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat –yang banyak orang menyebutnya sebagai era milenial- maka penguasaan terhadap bidang literasi, khususnya bidang penulisan, sangatlah penting.

KH Nur Khamim, pengasuh Pondok Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an (PTPYQ) 2 Muria, dalam salah satu kesempatan menyampaikan, bahwa sejak awal, Islam sangat menekankan agar umatnya menguasai bidang literasi.

Dikatakannya, bahwa ayat yang pertama kali diturunkan adalah ‘Iqra’. Dalam perkembangannya, jelas KH Nur Khamim, Iqra itu tidak hanya soal kemampuan menulis, tetapi berkembang meliputi beragam aktivitas lain seperti mengamati dan menganalisa.

Akhirnya, mari berkontribusi bagi bangsa, agama dan peradaban dunia melalui aktivitas penulisan. Tulislah sesuai bidang keilmuan atau apa yang Anda minati. Barangkali, apa yang Anda tulis itu menjadi amal jariyah yang bermanfaat dan berkah. Wallahu a’lam. (redaksi)