Keren, Cendekia BAZNAS ini Jadi Duta Green UIN Sulta Thaha Saifuddin

Keren, Cendekia BAZNAS ini Jadi Duta Green UIN Sulta Thaha Saifuddin

16 Apr 2022
Inspirasi

Gayakumedia.com - Yoniyah, Cendekia BAZNAS UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, belum lama ini didaulat menjadi narasumber Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Duta Green Sutha dan Pusat Kajian Konservasi dan sumber daya hayati UIN Sulthan Thaha Saifuddin. 

Ya, Yoniyah memang bukan mahasiswa biasa. Dia menjadi Duta Green Sutha 2021, Ketua Pelatihan Limbah Kertas, dan Juara nasional lomba kreasi produk berbahan limbah. 

Anak dari ayah yang bekerja sebagai pembuat kerajinan dan ibu bekerja buruh tani, ini menjadi penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS sejak 2021. Saat ini Yoniyah sedang menempuh studi di jurusan Tadris Biologi semester VI.

"Saya diberi kesempatan menjadi duta dan speakers pada webinar nasional yang diselenggarakan oleh Duta Green Sutha dan Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati dengan tema peran mahasiswa merubah sampah menjadi Rupiah," katanya, belum lama ini. 

Dalam kesempatan menjadi pembicara itu, ia berbagi tips bagaimana merubah sampah kertas, seperti kertas HVS, kertas buku tulis, yang dianggap barang yang tersisa bisa menjadi sebuah produk, menjadi barang yang berguna, bahkan dapat memperoleh rupiah.

“Melangkahlah, dicoba dulu. Kalaupun tidak sesuai dengan harapan, setidaknya dapat pengalaman baru. Saya terus belajar sedapat mungkin memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain”, katanya. (ros/ zaim)