Keren, Green House Kodim Demak untuk Sarana Edukasi Menanam Metode Hidroponik

Keren, Green House Kodim Demak untuk Sarana Edukasi Menanam Metode Hidroponik

23 Nov 2021
Berita

Gayakumedia.com – Apresiasi dari penggalakkan program ketahanan pangan lewat keberadaaan kebun hijau hidroponik ‘Green House Kodim Demak’ di tengah-tengah kawasan padat perkotaan, belakangan menjadi bahan pembicaraan dari instansi pemerintah maupun masyarakat.

Pada Selasa (23/11/2021) ini, misalnya, Babinsa Desa Pilangsari, Serma Suhadi yang bersama Bhabinkamtibmas mendampingi Ibu-ibu dan istri Lurah Desa Pilangrejo, Ny Tugiman, menyempatkan untuk melakukan safari edukasi, yakni menanam, memanen, serta mengemas sayuran yang di hasilkan dari metode tanam secara hidroponik di halaman kediaman Komandan Kodim 0716/Demak.  

Pembuatan perkebunan hijau dengan metode penanaman secara hidroponik, dapat menjadi alternatif pilihan masyarakat di tengah kota, yang terbatas atau lahannya yang sempit.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0716/Demak, Lettu Chb Ajit Anggono, mengatakan, bahwa keberadaan perkebunan hijau di Kodim Demak ini, bisa menjadi terobosan dan menciptakan image baru bagi kodim-kodim lainnya yang berada di wilayah perkotaan.

“Selain itu, metode (penanaman dengan cara hidroponik) ini dapat dimanfaatkan baik anggota maupun masyakarat umum, untuk menanam sayur-sayuran di pelataran ataupun samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas,” ungkapnya.

Lettu Chb Ajit Anggono menambahkan, bahwa di Kodim Demak sendiri, jenis tanaman yang ditanam di Green House, adalah jenis sayuran pak coy, selada, bayam serta pengembangan tanaman cabai.

Sementara pengelola Green House Kodim Demak, Serma Sunardi, menyampaikan, bahwa masyarakat hendak datang berkunjungan tak hanya untuk melihat-lihat saja, namun ada juga yang belajar menanam sayuran dengan metode hidroponik.

“Mereka yang datang mulai dari rombongan pelajar hingga warga sekitar, tak sedikit dengan tujuan belajar cara menanan sayuran dengan metode Hiroponik,” tuturnya. (ruf/ ros, zaim)