KH Abdul Halim: Indonesia Harus Kita Jaga

KH Abdul Halim: Indonesia Harus Kita Jaga

25 Oct 2021
Kalam

Gayakumedia.com - Para ulama, kiai, santri dan banyak lagi komponen bangsa, pada masa revolusi kemerdekaan, mengambil peran dalam rangka memerdekakan bangsa Indonesia dari cengkeraman penjajah.

Untuk itu, kemerdekaan yang telah berhasil diraih dan dirawat agar utuh hingga kini, harus dijaga. Selain itu, semua elemen bangsa jangan mau diadu domba oleh siapapun juga.

Demikian salah satu poin penting yang disampaikan KH Abdul Halim Akhwan dalam "Siraman Islami Sejuta Ulama" yang disiarkan oleh Channel Gayaku TV (Graha Gayaku Grup) pada Jum'at (22/10/2021) lalu.

"Perjuangan ulama, kiai, santri dan lainnya harus kita apresiasi. Selain itu, Indonesia harus kita jaga," tegas ketua Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Kabupaten Kudus itu. 

Dalam program yang mengusung tema "Peran Santri dalam Pembangunan Bangsa" itu, KH Abdul Halim Akhwan pun menjelaskan tentang definisi serta tafsir yang sangat beragam tentang istilah "santri".

Dijelaskannya, bahwa santri adalah seseorang yang belajar ilmu agama di sebuah pesantren. "Maka dalam hal ini, (hubungan) antara kiai dan santri tidak bisa dipisahkan," katanya dalam program yang digelar tepat pada momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) itu. (ros, zaim, senen)

Selengkapnya mengenai progran Siraman Islami Sejuta Ulama edisi ini, silakan klik di: https://youtu.be/8i2F-ZdhVbg.