Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan Inovatif

16 May 2022
Opini

Gayakumedia.com - Senin (16/5/2022) pagi di salah satu desa di wilayah Kecamatan Mejobo, Kudus, perempuan paruh baya mengendarai sepeda dengan aneka belanjaan, menawarkan dagangannya.

"Belanja, Bu. Belanja, Mbak," teriaknya, ikhtiar memanggil warga untuk membeli belanjaan (dagangan) yang dibawanya dengan mengendarai sepeda itu.

Sementara di desa lain, masih di wilayah Kecamatan Mejobo, laki - laki dengan mengendarai mobil jenis Colt yang mengangkut aneka belanjaan untuk dijual, juga mencoba menarik pembeli. 

Dua orang itu, memang menggunakan berbeda. Namun profesi yang digelutinya sama; berjualan belanjaan untuk kebutuhan sehari-hari seperti ikan, sayur, tempe, tahu dan lainnya.

Kreatif dan inovatif. Ini menjadi dua kata yang kiranya pas, untuk menggambarkan sosok - sosok seperti mereka. Sosok - sosok pejuang hidup yang sangat tangguh dan seakan tidak mau takluk dalam situasi apapun.

Dua kata itu (kreatif dan inovatif) sendiri, sebenarnya memang menjadi jawaban atas realitas sosial yang dihadapi, di tengah ketatnya persaingan hidup yang luar biasa berat seperti sekarang.

Di sisi yang lain, di luar beratnya persaingan hidup yang ada, lahan pekerjaan juga tidak bisa memenuhi angkatan kerja yang ada. Sehingga dengan demikian, bukankah kreatif dan inovatif menjadi hal yang harus dilakukan? (redaksi)