Kudus Festival 2022 Angkat Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Kudus Festival 2022 Angkat Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

24 May 2022
Pariwisata

Gayakumedia.com - Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat Kudus dan pariwisata, Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMk) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus menggelar Kudus Festival 2022.

Kudus Festival 2022 dilangsungkan di Museum Satria Mandala, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, pada Sabtu - Ahad (21-22/5/2022) lalu.

Ketua FKMK, Laksamana Madya (Purn) Eris Herryanto, menjelaskan, Kudus Festival 2022 bertujuan untuk mengangkat potensi Kudus di bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Selain itu, juga untuk membuka conecting pasar, khususnya bagi para pelaku UMKM dan dimantapkan melalui digital marketing dan digital literasi, serta menyinergikan sekaligus mengolaborasikan bidang ekonomi kreatif dengan semua pihak," terang Laksamana Madya (Purn) Eris Herryanto.

Dikatakannya, Kudus Festival 2022 yang diikuti komunitas - komunitas di Kudus, baik yang bekecimpung di budaya, kuliner dan lainnya, dihadiri warga masyarakat Kudus di Jakarta secara khusus, dan masyarakat dari berbagai daerah yang mengunjungi museum Satria Mandala.

"Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kudus sebagai induk organisasi dan asosiasi di Kudus, tak tinggal diam, ikut menyemarakkan Kudus Festival 2022 di Jakarta, yang sekaligus momentum penting bagi pemulihan perekomian paskapandemi covid-19, utamanya ekonomi kreatif dan pariwisata Kudus," kata ketua Kadin Kabupaten Kudus, H Safrul Kamaludin. 

Dino -sapaan H Safrul Kamaludin- menyampaikan, para peserta pada kesempatan itu antara lain Pojok Kreatif, PUSAKAKU, IPEMI, Ecoprint, Bandeng Presto, Rumah Adat Kudus, dan beragam kuliner khas Kudus seperti Soto Ayam, Opor Gosong, Garang Asem, masakan serba keong dan Kopi Robusta Muria. 

"Semoga inisiasi Kadin Kudus membentuk UMKM Kudus Bersatu mendapat dukungan berbagai pihak yang memiliki kepedulian dan keprihatinan yang sama. Semakin banyak yang peduli dan mendukung, tentu kita dapat mencapai cita-cita memiliki UMKM yang kuat dan berdaya saing tinggi, sehingga dapat menjadi raja di Negeri sendiri," ungkapnya.

Menurut Dino, kegiatan seperti Kudus Festival 2022, berdampak positif pada masyarakat. Ketika ada yang mengkoordinasi, UMKM akan terarah, lebih jelas output yang ingin dicapai, sehingga para peserta dapat lebih merasakan manfaat bagaimana mempromosikan produknya kepada masyarakat, utamanya promosi ke mancanegara seperti Malaysia, Arab Saudi dan Turki," ujarnya. (zaim)