Menyambut Bulan Penuh Pengampunan

Menyambut Bulan Penuh Pengampunan

01 Apr 2022
Kalam

Gayakumedia.com – Pembaca Gayakumedia.com yang budiman, Ramadan yang sangat dirindukan oleh segenap umat Islam di seluruh dunia, sudah di depan mata.  Dan tentunya, banyak hal yang harus dipersiapkan ketika akan menyambut kedatangan bulan penuh pengampunan ini.

Marhaban yaa Ramadan. Mungkin itulah kata-kata yang sering didengar di jagat raya ini menjelang bulan puasa tiba. Meskipun itu sebuah ungkapan, tetapi jika dilihat dari sisi religi, itu menjadi penanda adanya kebahagiaan dalam menyambut Ramadan.

Sebagai gambaran dari perwujudan rasa  bahagia itu, adalah adanya sebuah ungkapan yang terlintas dan tebersit dalam hati sanubari sebagai pertanda begitu hebatnya rahasia dan kandungan makna yang ada di bulan Ramadan.

Terlebih lagi, untuk sekarang ini, sudah banyak sekali media untuk mengekspresikan bentuk dari kebahagiaan tersebut yang diaplikasikan lewat ucapan selamat datang Ramadan, yang biasanya tergambarkan lewat DP bulan Ramadan ataupun SMS.

Dan tentunya ini akan menjadi warna tersendiri bagi sisi pribadi umat Islam dalam memaknai kehadiran bulan penuh pengampunan ini dengan penyambutan yang sungguh luar biasa.

Meskipun itu terwujudkan lewat sekumpulan kata-kata ataupun doa saat Ramadan dan sebagainya, tetapi secara pemaknaan sangatlah dalam, yang menandakan bahwa keagungan Ramadan itu memang harus diagungkan.

Berikut antara lain sederetan kata - kata menyambut Ramadan. Tiada kata seindah “ZIKIR”; Tiada hari seindah “RAMADHAN”
Untuk itu izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk “Lisan yang tak terjaga”, ”Janji yang terabaikan”, "Hati yang berprasangka dan semua sikap yang pernah menyakitkan"; Mohon maaf lahir dan bathin;  Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1443 H.

Akhirnya, semoga kita semuanya senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dan semoga, Ramadan kali ini semakin mengukuhkan kita sebagai hamba yang muttaqin. Aamiin.

Senen Hadi Saputro,

Penulis adalah pimpinan Graha Gayaku Kudus, pemimpin perusahaan Gayakumedia.com dan ketua takmir Musala Nurul Ulum Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus.