Najwa Shihab: Rekomendasi Buku

Najwa Shihab: Rekomendasi Buku

27 Dec 2020
Inspirasi

Gayakumedia.com - Menyimak konten - konten akun Instagram (IG) presenter kondang, Najwa Shihab, Anda akan menemukan hal berbeda. 

Sebab, tidak sekadar koleksi foto ataupun video, namun akunnya seringkali mengulas hal - hal yang inspiratif dan mencerahkan, bahkan merekomendasikan buku - buku untuk di baca. 

Pada 4 September, misalnya, akun Najwa Shihab menulis: Awal bulan waktu yang pas untuk memulai bacaan baru. Saya terbiasa membaca beberapa buku sekaligus karena tiap suasana butuh "teman" yang berbeda. Ini buku-buku yang sedang saya nikmati. 

1. Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna karya kak @najelaashihab Buku ini bisa teman2 dptkan di @lenterahatibook; 2. Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi. Ini buku lama. Saya membacanya sejak mahasiswa. Tetap relevan dan menantang sampai sekarang; The Soul of Rumi, a New Collection of Ecstatic Poems, karya Coleman Barks. Saya pencinta kata-kata indah dan rasanya tidak ada yang lebih indah dari sajak-sajak Rumi; 4. The Martian karya Andy Weir. Novel menyenangkan yang cocok dinikmati sore hari sambil makan pisang goreng dan minum teh poci; 5. Catatan Najwa 2. Bisa didapat di @storelenterahati. Ok. Maafkan. Ini saya sekalian promosi buku sendiri. 

Akun IG Najwa Shihab pada bulan Oktober merekomendasikan buku - buku antara lain “Catatan Seorang Demostran” (Soe Hok Gie), “Why We Get the Wrong Politicians” (Isabel Hardman), “Yang Hilang dari Kita: Akhlak” (Abi Quraish Shihab), serta “Kisah-Kisah Kecil & Ganjil, Malam 1001 Pandemi" (Agus Noor). 

Nampaknya, Najwa Shihab dalam akun IG-nya memang cukup sering mengunggah rekomendasi buku. 

Pada November, ia merekomendasikan antara lain "The 100-year Old Man Who Climbed Out The Window and Disappeared" (Jonas Jonasson) dan "Kekasih Musim Gugur" (Laksmi Pamuntjak). 

Sedang pada bulan terakhir (Desember) 2020 ini, ia merekomandasikan buku - buku biografi di antaranya "Untuk Negeriku, Sebuah Biografi" (Mohammad Hatta), "Gus Dur, The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid" (Greg Barton), dan Detik-Detik yang Menentukan (Bacharuddin Jusuf Habibie).

Najwa Shihab lewat akun IG-nya itu seakan mengingatkan pentingnya membaca buku. Nah, apa buku rekomendasi kamu jelang tahun 2021 mendatang? (ros/ zaim