Pemprov Jateng Kembali Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Pemprov Jateng Kembali Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

26 Oct 2021
Politik

Gayakumedia.com - Pemerintah Provinsi Jateng, kembali meraih anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021. Jateng mendapatkan nilai tertinggi yakni 98,17, disusul Provinsi DKI Jakarta dengan nilai 96,41.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin secara virtual. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sedang berada di Sukoharjo, mengikuti penganugerahan tersebut secara daring dari ruang tunggu bioskop di The Park Solo Mall, Selasa (26/10/2021).

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin pada kesempatan tersebut berharap, agar hasil dan nilai yang diterima menjadi sarana introspeksi dan meningkatkan kinerja. “Anugerah ini sebagai sarana introspeksi dan meningkatkan kinerja,” tuturnya.

Untuk diketahui, anugerah ini oleh Jateng adalah penghargaan untuk kali keempat. Sebelumnya, pada 2020 Jateng juga terpilih sebagai Provinsi Informatif. Kemudian 2018 menjadi juara I dan terbaik nasional. Setelah itu, pada 2019 Jateng mendapat predikat sebagai provinsi paling informatif.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengapresiasi setinggi-tingginya jajaran Pemprov Jateng. Menurutnya, empat kali menjadi yang terbaik dalam anugerah ini, menjadi bukti komitmen keterbukaan yang diberikan untuk masyarakat.

"Banyak informasi yang publik itu harus tahu. Ini right to know. Jadi hak untuk bisa tahu dari rakyat, itu mesti bisa dipenuhi dan itu dijaga oleh kawan-kawan," katanya sembari mengemukakan, bahwa keterbukaan informasi publik itu tidak sekadar hak, namun juga bisa dijadikan pedoman. (ros/ zaim)