Penting, Keberadaan Guru yang Inspiratif dan Mampu Memotivasi Peserta Didik

Penting, Keberadaan Guru yang Inspiratif dan Mampu Memotivasi Peserta Didik

24 Nov 2021
Pendidikan

Gayakumedia.com – Pandemi global yang melanda warga dunia, tak terkecuali di Indonesia sekira dua tahun terakhir, memengaruhi banyak sektor, khususnya pendidikan. Lembaga pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, harus mengobah pola transfer ilmu dari tatap muka ke online (daring).

Namun yang luar biasa, ternyata pandemi tidak mematahkan semangat para pendidik (guru) dalam mendampingi anak belajar sebaik mungkin. Bahkan tak sedikit peserta didik yang mampu mengukir prestasi membanggakan di tengah pandemi Covid – 19.

“Pandemi menjadikan dunia pendidikan harus beradaptasi dengan kondisi itu. Sebab, ditansfer ilmu (pengetahuan) kepada peserta didik, harus tetap dilakukan (dipenuhi) dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian,” terang Alfu Nikmah, dosen IAIN Kudus.

Merespons hal itu, lanjut Alfu Nikmah, adanya teknologi komunikasi dijadikan sebagai sarana untuk transfer pengetahuan. “Pembelajaran pun dilakukan melalui daring menggunakan beragam platform media sosial, mulai dari google classroom, google meet, zoom meeting, hingga youtube,” lanjut dosen yang juga mahasiswa Program Doktor di Universitas Negeri Semarang itu.

Dia menyontohkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 yang selama pandemi, berhasil meraih banyak prestasi. “Informasi yang saya dapat, pada masa pandemi ini, MAN 2 Kudus berhasil menorehkan sebanyak 73 prestasi baik tingkat kabupaten, regional, nasional hingga internasional,” tuturnya.

Dan menurutnya, dalam situasi apapun, bahkan di masa pandemi, kehadiran guru yang mampu mendorong kreativitas dan memotivasi peserta didik, sangat penting. “Keberadaan guru-guru seperti inilah, yang dalam situasi apapun, akan tetap bisa membimbing peserta untuk untuk maju dan berprestasi,” paparnya. (ros/ zaim)