Pentingnya Akhlak dalam Mencari Ilmu

Pentingnya Akhlak dalam Mencari Ilmu

19 Mar 2021
Kalam

Gayakumedia.com – Kita sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan yang lain, membutuhkan yang namanya akhlak. Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri, diturunkan ke muka bumi adalah untuk menyempurnakan akhlak.

Demikian disampaikan oleh KH Nasyruddin, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darusy Syifa Al-Islami di Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus dalam “Siraman Islami Sejuta Ulama” yang disiarkan langsung Gayaku TV pada Jum’at (19/3/2021).

“Akhlak ini sangat penting. Di manapun kita  berada, harus berakhlak. Karena di manapun, orang yang mulia adalah yang memiliki akhlak. Maka, di pesantren, akhlak ini sangat ditekankan,” terangnya.

Disampaikannya, bahwa penanaman akhlak ini harus ditekankan di semua aspek. Sampai Imam Syafi’i, saat beliau menuntut ilmu, dan kesulitan dalam belajar, selalu mengedepankan akhlak. Gurunya Imam Syafi’i pun selalu berpesan agar senantiasa meninggalkan maksiat.

“Ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang maksiat,” jelasnya mengutip apa yang disampaikan gurunya Imam Syafi’i kepada santrinya itu.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa anak-anak harus diberi dengan pembiasaan-pembiasaan yang baik. Berkaca pada Rasulullah, yang mendidik umatnya dengan akhlak, yang pada gilirannya kemudian diharapkan bisa mencapai keberkahan dalam mencari ilmu.

Ditambahkan pula, bahwa masuknya ilmu itu dengan belajar. Namun keberkahan ilmu, itu bisa didapat dengan khidmah (takzim) kepada guru. “Anak-anak sekarang membutuhkan contoh (teladan) dari orang tua dan dari seorang guru,” ungkapnya.

Dipesan pula pada kesempatan itu, agar anak-anak sedari kecil dididik dengan tiga ilmu. Pertema; ilmu tauhid (penguatan akidah). Kedua; ilmu fikih. Ilmu fikih ini penting, karena orang beribadah harus memakai ilmu. Ketiga; ilmu adab (akhlak). Dengan akhlak, kita tuntun anak-anak kita sedini mungkin dengan akhlak-akhlak yang diajarkan Rasulullah. (tim Gayakumedia)

Selengkapnya klik di: https://www.youtube.com/watch?v=3xpeYA7_2Vk&feature=youtu.be. Jangan lupa Like, Subscrice dan Share Channel Gayaku TV.