Petugas Sensus LFSP 2020 Kudus Diberi Pembekalan

Petugas Sensus LFSP 2020 Kudus Diberi Pembekalan

11 May 2022
Berita

Gayakumedia.com - Selama lima hari, petugas lapangan Long Form Sensus Penduduk (LFSP 2020) diberi pembekalan. Pembekalan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus.

Para petugas di Kudus sebanyak 202 itu diberi pelatihan (pembekalan) dalam dua sesi berbeda, yakni pada 7-11 Mei dan 11-15 Mei 2022 di dua lokasi berbeda, yakni Hotel Griptha dan @Hom Hotel.

Rahmadi Agus Santosa, dalam pembukaan di sesi kedua pelatihan, mengatakan, SPLF ini merupakan lanjutan dari SP 2020 Short Form. "Bedanya, Sensus Penduduk Long Form memuat banyak variabel," jelasnya.

Dia menambahkan, responden dalam survei kali ini sebanyak 11.120 rumah tangga, dan hampir merata di semua desa yang ada di Kabupaten Kudus.

BPS memiliki visi sebagai penyedia data statistik berkualitas untuk Indonesia maju, "Maka kami beri pemahaman, penekanan dalam visi tersebut adalah kata 'kualitas', agar petugas lapangan, Kortim, Koseka, pengolahan dan seluruh tim bekerja dengan kualitas data yang baik, karena petugas ini telah difilter dan dipilih dengan ketat dari ratusan pendaftar di SPLF 2020," paparnya.

Pihaknya berharap, petugas yang telah terpilih ini, bisa lebih pro aktif, sehingga ketika terjun di lapangan. "Dengan demikian, akan menghasilkan data yang baik dan benar-benar hasil dari responden yang telah dipilih dengan data yang diharapkan," tuturnya. (rls/ ros, zaim)