Ramadan, Momentum Tingkatkan Ketakwaan

Ramadan, Momentum Tingkatkan Ketakwaan

25 Mar 2022
Kalam

Gayakumedia.com – Tak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut datangnya Ramadan. Bulan suci umat Islam yang senantiasa dinanti-nanti karena banyak sekali keistimewaan di bulan tersebut.

Menyambut Ramadan, program “Siraman Islami Sejuta Ulama” yang disiarkan Gayaku TV (Graha Dymo/ Graha Gayaku Group” mengusung tema “Menyambut Ramadan dengan Suka Cita” dengan menghadirkan Kiai Abdurrohman, pengasuh Pondok API Kajeksan, Kota, Kudus sebagai narasumber.

Pada kesempatan itu, Kiai Abdurrohman, menyampaikan, bahwa sudah semestinya Ramadan disambut dengan suka cita, karena banyak sekali kesitimewaan dalam bulan suci umat Islam tersebut.

“Puasa sendiri telah diwajibkan kepada umat-umat terdahulu (sebelum umat Muhammad, red). Puasa diwajibkan bagi umat, supaya umat bertakwa (kepada Allah Subahanahu wa Ta’ala),” tuturnya.

Kenapa takwa ini penting, jelasnya, karena takwa memiliki kedudukan tertinggi dalam (ajaran) Islam. “Innaa akramakum ‘inda Allahi at-qaakum. Sesunggahnya yang paling mulia di hadapan Allah adalah mereka yang paling bertakwa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa Nabi bersabda: “Barang siapa yang gembira atas datangnya Ramadan, maka Allah mengharamkan jasadnya atas api neraka”. “Ini salah satu keistimewaan Ramadan,” jelasnya.

Sementara itu, hikmah Ramadan, sebutnya, antara lain adalah memupuk umat agar peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. “Puasa (Ramadan) mengajarkan kita untuk berbagi,” paparnya. “Puasa juga mengajarkan untuk memiliki sikap tanggung jawab,” lanjutnya menambahkan.

Dan dalam puasa Ramadan, tuturnya, ada dua kebahagiaan. “Kebahagiaan pertama yaitu ketika masuk waktu berbuka, dan kedua adalah saat bertemu dengan Tuhannya kelak di hari kiamat,” ujarnya. (ros, senen, zaim)

Selengkapnya untuk menyimak “Siraman Islami Sejuta Ulama” edisi ini, silakan klik: https://www.youtube.com/watch?v=_Zw7aTeLbsY&feature=youtu.be.