Segera Berdiri, Museum Islam Nusantara di Lasem

Segera Berdiri, Museum Islam Nusantara di Lasem

01 Feb 2021
Esai

Gayakumedia.com - Bangunan itu nampak sangat megah, meski belum selesai sepenuhnya. Arsitektural khas Minang, itu berdiri di samping Masjid Jami' Lasem, Kabupaten Rembang. 

Museum Islam Nusantara. Sebaris kalimat itu tertera di bagian depan gedung. "Pembangunan Museum Islam Nusantara ini sudah dimulai sekitar Juli 2020. Targetnya rampung empat bulan ke depan," terang H. Abdul Mu'id, ketua takmir Masjid Jami'ah Lasem, Ahad (31/1/2021) kemarin. 

Didampingi Abdullah Hamid, pengurus bidang kepustakaan, disampaikan, pembangunan Museum Islam Nusantara ini diprakarsai oleh pengurus takmir masjid, pemerintah provinsi, hingga swadaya masyarakat. 

"Museum ini nantinya, akan diisi dengan manuskrip-manuskrip, prasasti masjid, peninggalan para masyayikh (Mbah Sambu, Mbah Ma'shoem, Mbah Baidlowi, dan lainnya," terangnya. 

Abdullah Hamid menambahkan, karena museum ini mengusung "titel" Nusantara, maka selain manuskrip, prasasti dan peninggalan para masyayikh, juga bisa diisi dengan karya-karya ulama Nusantara lain. 

"Isi (museum, red) nantinya tentu tidak melulu yang terkait dengan Lasem (dan Rembang), tetapi juga Nusantara," ungkapnya menegaskan. 

Kenapa arsitektur bangunan yang digunakan adalah arsitektural Minang? "Karena Mbah Ma'shoem adalah keturunan dari Minangkabau, yaitu masih keturunan dari Sultan Mahmud Al-Minangkabawi," kata Abdullah Hamid. (ros/ zaim