Selamat Berpuasa, Kawan

Selamat Berpuasa, Kawan

13 Apr 2021
Kalam

Alhamdulillah, mulai hari ini, di tahun 1442 H/ 2021 M, kita masih diberi kesempatan Allah Subhanahu wa Ta’ala bertemu dengan Ramadan, bulan suci yang selalu dinanti-nanti oleh umat seluruh dunia, karena banyak keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalamnya.

Berkesempatan bertemu dengan Ramadan, tentu merupakan sebuah anugerah yang tiada terkira. Lantaran kesempatan emas di depan mata, antara lain untuk meningkatkan amal-amal kebaikan, meningkatkan kualitas ibadah, dan juga mengkaji banyak hal tentang agama melalui berbagai forum pengajian, baik online maupun offline.

Ya, Ramadan kali ini, di mana pandemi Covid-19 belum benar-benar berlalu, maka protokol kesehatan masih harus diperhatikan, khususnya bagi yang menjalankan tarawih di masjid atau musala. Ini menjadi ikhtiar kita sebagai umat manusia, untuk memutus rantai pandemi yang terjadi sejak setahun lalu.

Hal lain yang masih dijalankan sebagaimana Ramadan tahun lalu, yakni pada saat ini, kajian-kajian keagamaan secara online (daring), masih banyak digelar. Termasuk pengajian pasanan (kilatan) yang digelar oleh pondok-pondok pesantren.

Ada dua setidaknya yang menarik menjadi perhatian dalam pengajian pasanan secara online oleh pondok-pondok pesantren. Pertama, mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Adalah hal yang menarik, lantaran kalangan pesantren sebagai kelompok Islam tradisional, mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan memanfaatkannya untuk pembelajaran.

Kedua, gaet audiens secara luas. Pengajian secara online yang banyak digelar pondok-pondok pesantren, memungkinkan menggaet audiens secara luas. Sebab, tak hanya para santri pondoknya saja yang kemudian bisa mengikuti kajian tersebut, tetapi masyarakat dari latar belakang apapun yang tertarik, juga bisa ikut menyimak pengajian.

Lepas dari berbagai hal di atas, semoga kita semua senantiasa mendapatkan rahmat dan keberkahan Ramadan, yang pada akhirnya termasuk sebagai golongan orang-orang yang bertakwa.

Selamat berpuasa Ramadan, kawan. Teriring doa dan harapan, semoga Allah senantiasa memberikan anugerah dan kekuatan agar kita bisa menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh, dan diberi anugerah meningkatkan ibadah dan amal-amal saleh, baik saat Ramadan maupun di bulan-bulan lainnya. (redaksi)