StayBless, dari Komunitas Nongkrong menjadi Komunitas Produktif

StayBless, dari Komunitas Nongkrong menjadi Komunitas Produktif

28 Dec 2020
Inspirasi

Gayakumedia.com - StayBless, salah satu kelompok wirausaha baru, menjadi salah satu komunitas yang cukup inspiratif. Bermula dari komunitas nongkrong, kini berubah menjadi komunitas produktif. Belum lama ini, komunitas tersebut mendapat dukungan pemerintah melalui program bantuan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) JPS Covid - 19 Kemnaker RI.

Komunitas anak milenial yang awalnya gelisah akibat pandemi yang tak kunjung selesai, mencoba membuat gagasan baru, dengan mengumpulkan potensi, bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anggota.

"Kami yakin, anak-anak ini juga bisa mengisi waktu luang , dan menjadi calon entrepreuner, berangkat dari hobi yang beragam. Ada yang hobi bikin design, pandai membuat event, ada yang pinter MC, ada yang suka traveling, dan banyak yang suka ngopi (minum kopi)," terang Lia, salah satu anggota StayBless yang didaulat sebagai manajer usaha.

Zaza, Humas StayBless, mengutarakan,
kopi sebagai simbol komunikasi lintas generasi, menjadi media yang bisa membangkitkan ekonomi Indonesia pada situasi pandemi.

"Setelah mendapatkan pencerahan dan gemblengan dari para senior kopi di Jepara, kami tertarik untuk membuat usaha kopi, dari segi event. Seperti yang hari ini kami laksanakan," terangnya yang baru - baru ini menggelar Excelsa Fun Brewing, seni mengolah kopi excelsa untuk meningkatkan brand kopi lokal di dunia, sejajar dengan Arabica dan Robusta.

Nasrul Ulum, mentor StayBless yang juga owner Gongso Kopi, menjelaskan, mengatakan, kopi lokal Indonesia, khususnya Jepara, yang dikenal dengan kopi nangka (excelsa/ liberika) memang tidak populer karena negara-negara luar hanya membranding Arabica dan Robusta.

"Ini menjadi tantangan sekaligus peluang kita bersama para petani lokal, untuk membuat brand kopi nangka supaya sejajar dengan Arabica dan Robusta. Umtuk itu, diperlukan edukasi dan sosialisasi serta dukungan pemerintah," katanya. (rls/ zaim, ros)