Takwa, Bekal Terbaik menuju Kehidupan Akhirat

Takwa, Bekal Terbaik menuju Kehidupan Akhirat

26 Mar 2021
Kalam

Gayakumedia.com – Hidup ini kehendak Allah yang harus kita jalani. Hidup itu fase ketiga, mulai dari alam ruh, lalu ke alam rahim (kandungan), lalu pindah ke alam dunia. Dunia ini untuk mencari bekal sebanyak mungkin menuju alam barzah dan alam akhirat.

Demikian disampaikan Ustaz Zainul Musthofa dalam “Siraman Islami Sejuta Ulama” yang disiarkan langsung di Channel Gayaku TV, yang mengusung tema “Jalani Hidup dengan Bekal Takwa kepada Allah”.

Dikatakannya, bahwa dunia merupakan alam (fase) ketiga kehidupan manusia. “Ulama menyampaikan, bahwa dunia adalah ladang menanam untuk menuju kehidupan akhirat. Maka selama hidup di dunia, harus mencari bekal sebaik mungkin. Dan tidak ada bekal yang lebih baik, kecuali takwa,” tegasnya.

Bagaimana cara kita bertakwa kepada Allah? Di antara cara (kuncinya) adalah harus beriman. Disebutkan dalam al-Quran, “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah dengan sebenar-benar takwa, dan jangan sampai meninggal kecuali dalam keadaan Islam,” terangnya.

“Imam Nawawi menjelaskan, sebenar-benar takwa ini adalah bagaimana kita menjadi orang yang bertakwa, sesuai dengan kemampuan kita sebagai manusia,” jelasnya.

selanjutnya yaitu memilih diam daripada banyak bicara kurang baik. Maka, diam ini bisa dimaknai sebagai upaya menghindari dari bicara yang tidak ada manfaatnya. Jika harus berucap (bicara), bicaralah dengan baik yang benar.

Cara lain untuk kita bertakwa yaitu memilih kematian daripada hidup. “Perlu dipahami, ini jangan dimaknai sebagai bunuh diri, tetapi betul-betul memanfaatkan untuk perjalanan yang akan datang,” ungkapnya. (Tim Gayaku TV/ Gayakumedia.com)

Selengkapnya silakan bisa klik di: https://www.youtube.com/watch?v=aiY7e2tYvm8. Jangan lupa pula like, subscribe dan comment Channel Gayaku TV.