Ustaz Malikhan Na'im Jelaskan Tiga Nilai Kepahlawanan

Ustaz Malikhan Na'im Jelaskan Tiga Nilai Kepahlawanan

12 Nov 2021
Kalam

Gayakumedia.com – Program “Siraman Islami Sejuta Ulama” persembahan Gayaku TV (Graha Gayaku Grup) pada Jum'at (12/11/2021) ini cukup spesial, lantaran masih dalam suasana peringatan Hari Pahlawan, yang diperingati setiap 10 November.

Menghadirkan Ustaz Malikhan Na'im Lc, Takmir Masjid An-Nuur, Desa Ngembal Rejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus sebagai narasumber, pada kesempatan ini “Siraman Islami Sejuta Ulama” mengusung tema “Teladan Islam dalam Menghormati Jasa Pahlawan”.

Pahlawan, terang Ustaz Malikhan Na'im, adalah sosok-sosok luar biasa, yang berkontribusi besar bagi bangsa dan negara, bahkan bagi seluruh umat. “Kontribusi pahlawan bagi umat ini (bisa jadi) lebih besar ketimbang kontribusinya bagi dirinya sendiri,” katanya.

Pada kesempatan ini, Ustaz Malikhan Na'im pun menjelaskan tentang nilai – nilai kepahlawanan. Menurutnya, setidaknya ada tiga nilai kepahlawanan yang bisa dipahami secara umum.

Pertama; nilai keberanian. Seorang pahlawan adalah adalah orang – orang yang tidak takut (asal memperjuangkan kebenaran) dan selalu berani mengambil risiko untuk pilihan yang diperjuangkannya.

Kedua; nilai pengorbanan. Seorang pahlawan adalah orang – orang yang memiliki jiwa untuk berbagi atau berkorban bagi masyarakat lain secara luas.

Ketiga; nilai kesabaran. Ini adalah nilai yang tidak bisa dipisahkan dari sosok seorang pahlawan. Seorang pahlawan adalah sosok yang sabar untuk memperjuangkan apa yang dicita – citakan, meski harus melewati berbagai rintangan.

Ketiga nilai yang tidak dimiliki oleh semua orang inilah, ujar Ustaz Malikhan Na'im, yang menjadikan keberadaan seorang pahlawan tidak sekadar selalu hidup dalam ingatan (kenangan), tetapi juga akan selalu hidup di sisi Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. (senen, ros, zaim)

Selengkapnya mengenai “Siraman Islami Sejuta Ulama” edisi ini, silakan klik: https://www.youtube.com/watch?v=-SweLn9lJz8.